logo-raywhite-offcanvas

22 Dec 2022

Tidak Perlu Luas untuk Rumah yang Mewah, Jepang Telah Berhasil Menerapkannya!

Tidak Perlu Luas untuk Rumah yang Mewah, Jepang Telah Berhasil Menerapkannya!

Optimlisasi lahan memang pada saat ini menjadi trend, selain memanfaatkan ruangan yang tidak terlalu besar yang memungkinkan juga untuk menjadikan lahan terbatas menjadi mewah, di Jepang dengan kapasitas penduduk kurang lebih sekitar 126.476.461 jiwa dengan lahan 377.915 km² dan pemusatan di kota-kota besar seperti Tokyo, Osaka, Nagoya, Kobe, Fukuoka, Sapporo, dll. Jepang memiliki keunikan tersendiri selain dari sumber daya manusia nya yang memang memiliki budaya sopan santun, mereka menjaga secara turun temurun etika dan cara khas berterima kasih. 

housejapan/unsplash

Dari beberapa budaya yang di tinggalkan oleh para orang-orang terdahulunya adalah rumah dengan gaya jepang yaitu Minka (??) atau secara artinya rumah rakyat, Minka merupakan jenis rumah khas jepang dengan beberapa elemen di dalamnya dengan sebagian besar berbahan kayu, fungsinya begitu dapat di andalkan karena sesuai dengan teritorinya di asia bagian timur yang memiliki empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. 

Material kayu ini dapat menyesuaikan suhunya tepat ketika musim dingin hadir dan dapat menyesuaikan ketika musim panas, dengan letak geografis yang rawan gempa karena Jepang berada di jalur cincin api (ring of fire) yang membentang di sepanjang cekungan Samudra Pasifik. Sehingga Jepang memiliki banyak gunung berapi yang aktif, dan aktivitas vulkanik dari gunung berapi seperti terjadinya erupsi dapat menyebabkan gempa bumi. Peranan Rumah dengan sebagian besar bahan kayu ini sangatlah fungsional bagi negara Jepang ini. dengan design yang tahan goyangan gempa pula.

oishi/unsplash

Seiring berjalannya waktu, bentuk inovasi semakin berkembang dan beberapa akulturasi budaya semakin tercampur dan nyaris tidak ada yang benar-benar sesuai dengan “tradisonal” itu sendiri, Design kontemporer yang hadir belakangan ini memadu-padankan budaya dengan budaya populer yang sedang trend secara general di mancanegara, namun tetap rumah yang di rancang akan selalu memiliki ciri khasnya.

houseoishi/unsplash

Khususnya di daerah perkotaan Jepang saat ini dengan lahan terbatas memanfaatkan lahan yang kecil dengan bentuk arsitektur yang mewah dan fungsional, sering kita jumpai reviewnya di media sosial dengan ulasan yang menarik pula.

Share